Balinews.id

Pelajari Kepribadian Seorang dari Genre Musik Favoritnya

BaliNews.id-Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dr. Jason Rentfrow dan Sam Gosling menunjukkan bahwa jenis musik yang didengar seseorang dapat menghasilkan prediksi akurat tentang kepribadian dirinya.

Studi psikologi yang baru-baru ini dilakukan para peneliti di Universitas Cambridge, Inggris, juga menetapkan bahwa selera musik seseorang mengungkapkan tentang cara ia berpikir. Rentfrow menambahkan bahwa musik adalah ekspresi dari siapa kita secara emosional, sosial, dan kognitif.

Ingin mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan genre musik favoritnya? Simak informasi yang dikutip dari pop mama berikut ini.

  • Musik Pop

Ilustrasi musik Pop. Sumber : Popmama.

Penggemar musik pop cenderung ekstrovert, jujur, pekerja keras, ramah dan lembut, memiliki harga diri tinggi, serta konvensional. Sayangnya, para peneliti mengungkap bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

  • Musik Klasik

Ilustrasi musik Jazz. Sumber : unsplash.com/ Elijah Henderson.

Pencinta musik klasik biasanya kreatif, introvert, dan nyaman dengan diri sendiri juga dunia di sekitarnya. Mereka memiliki intuisi yang baik dan harga diri yang sehat.

Penggemar genre ini biasanya lebih pintar daripada pecinta musik lainnya terkait dengan Efek Mozart. Istilah para peneliti untuk musik Mozart yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan pendengarnya, baik muda maupun tua.

  • Musik Jazz, Blues dan Soul.

Ilustrasi musik jazz. Sumber : Unsplash.com/ Alex Zamora

Orang-orang yang menikmati musik jazz, blues, atau soul ditemukan lebih ekstrovert dengan harga diri yang tinggi dan kreatif.

Penggemar blues memiliki sifat lain yang ramah, lembut, dan tenang.

Begitu pula penggemar jazz yang mudah bergaul dan merasa nyaman dengan dirinya. Sementara, penggemar soul juga mencakup pribadi penyuka blues dan jazz.

  • Musik Rap dan HipHop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau kasar, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya ramah.

Penggemar musik hiphop pun terbukti supel dan extrovert sejati. Selain getaran energik dan ritmis, pendengar hiphop suka bersosialisasi, pergi ke pesta, dan memiliki harga diri yang cukup tinggi

  • Musik Electronic Dance Music (EDM)

Ilustrasi musik EDM. Sumber : Unsplash.com/ Branson Elinger

Biasanya penyuka genre musik yang seperti ini adalah mereka yang memiliki semangat tinggi, pekerja keras, jujur, suka bersenang-senang dan sangat tegas terhadap suatu hal. Mereka juga suka berpikir positif, dan pintar dalam berinteraksi dengan orang lain

  • Musik Country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Sementara lagu-lagu country sering berpusat pada patah hati, orang-orang yang tertarik pada genre ini cenderung sangat stabil secara emosional.

Kepribadian seseorang berdasarkan genre musik favorit ini, cenderung lebih konservatif dan rendah sifat keterbukaannya terhadap pengalaman.

  • Musik Rock, Heavy Metal.

Ilustrasi Musik Rock. Sumber : Unsplash.com/ Hector Bermudez

Meskipun musik rock dan heavy metal terdengar keras dan dark, tapi peneliti menemukan bahwa penggemar musik ini adalah orang yang lembut dan nyaman dengan dirinya.

Mereka cenderung kreatif, tetapi sering introvert, bukan pekerja keras, dan mungkin harga dirinya rendah.

(ab)

13 Dari 103 WN Taiwan yang Digrebek di Villa Ternyata Terlibat Narkoba – Penyerangan

BADUNG, Balinews.id – Sebanyak 103 warga negara Taiwan yang terlibat dalam kejahatan siber di Tabanan,…

August 7, 2021

Komit Majukan Pendidikan, Pemkab Buleleng Raih Penghargaan AMB 2024

BULELENG, Balinews.id – Pemerintah Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus membangun, terutama di bidang pendidikan, dengan berkolaborasi…

August 7, 2021

Pemkot Denpasar Berikan Bantuan 9 Rumah untuk Warga Kurang Mampu

DENPASAR, Balinews.id – Pemkot Denpasar menyerahkan sebanyak 9 unit bantuan rumah layak huni kepada keluarga…

August 7, 2021

Simak Jadwal PKB Hari Ini, Minggu 7 Juli 2024

BUDAYA, Balinews.id – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 telah resmi dibuka pada, Sabtu (15/6/24) dengan…

August 7, 2021

Luncurkan Mini Album, Intip Lirik Lagu E.M.O StereoWall

HIBURAN, Balinews.id – Band Stereowall telah merilis mini album yang diberi judul terjebak imajinasi sebagai penanda…

August 7, 2021