Balinews.id

Anom Harjana, Sosok Pemuda dengan Segudang Prestasi

Sumber Gambar: Facebook Ngakan Anom Harjana

BaliNews.id – Menghasilkan ratusan juta dari menulis, begitulah sosok Ngakan Putu Anom Harjana, S.KM., M.A  pemuda berprestasi kelahiran Giayar, 13 Agustus 1995 ini merupakan pemuda lulusan S1 Jurusan Biostatiska dan Demografi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2018, dan menyelesaikan S2 di Institusi for Population and Social Research (IPSR) Mahidol University Thailand pada tahun 2021 dengan memperoleh beasiswa penuh selama menjalankan studinya sebagai mahasiswa.

Sepak terjang Anom Harjana dibidang menulis memang tidak perlu diragukan lagi, berbagai prestasi di kancah nasional maupun internasional telah diraihnya. Saat ini, ia aktif menjadi peneliti dibidang kesehatan, tenaga pengajar, pembina karya tulis dan juri lomba esai serta karya tulis ilmiah stingkat nasional.

Tidak tanggung-tanggung dosen muda ini telah berhasil mengantongi 84 prestasi menulis baik di tingkat nasonal maupun internasional. selain itu ia juga meerupakan pemuda pelopor kabupaten Gianyar, dan kerap menjadi delegasi Indonesia pada forum kepemudaan nasional maupun konferensi internasional.

Kemampuan menulis tersebut tidak hanya dibuktikan dengan raihan prestasi semata, namun juga dibuktikan dengan kepemilikan 5 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas karya-karyanya bidang teknologi kesehatan dan telah berhasil mempublikasikan 11 artikel ilmiah bereputasi nasional maupun internasional.

Selain itu, kemampuannya di bidang teknologi kesehatan telah iya tunjukkan dengan berbagai karya inovasi yang digarapnya baik dengan pemerintah ataupun non pemerintahan. Salah satu aplikasi tersebut di gunakan oleh pemerintah Kabupaten Badung dalam menurunkan angka kasus DBD yang diberi nama “Jumantik Zaman Now: Aplikasi Pemantauan Jentik Kabupaten Badung”.

Potret beberapa aplikasi yang di telah digarap oleh Anom Harjana

Tidak habis sampai disana, pemuda yang penuh dengan prestasi ini pun tengah merintis sebuah lembaga pelatihan ilmiah yang diberi nama  Akademi Riset Indonesia yang bergerak di bidang pelatihan, pendampingan dan konsultasi penulisan ilmiah serta penelitian bagi pelajar, mahasiswa dan profesional.

Bahkan melalui hobi menulisnya ini, Anom Harjana telah berhasil memenangkan mendapatkan pendanaan di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat senilai lebih dari 3 Miliar.

(Rd)

13 Dari 103 WN Taiwan yang Digrebek di Villa Ternyata Terlibat Narkoba – Penyerangan

BADUNG, Balinews.id – Sebanyak 103 warga negara Taiwan yang terlibat dalam kejahatan siber di Tabanan,…

August 29, 2021

Komit Majukan Pendidikan, Pemkab Buleleng Raih Penghargaan AMB 2024

BULELENG, Balinews.id – Pemerintah Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus membangun, terutama di bidang pendidikan, dengan berkolaborasi…

August 29, 2021

Pemkot Denpasar Berikan Bantuan 9 Rumah untuk Warga Kurang Mampu

DENPASAR, Balinews.id – Pemkot Denpasar menyerahkan sebanyak 9 unit bantuan rumah layak huni kepada keluarga…

August 29, 2021

Simak Jadwal PKB Hari Ini, Minggu 7 Juli 2024

BUDAYA, Balinews.id – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 telah resmi dibuka pada, Sabtu (15/6/24) dengan…

August 29, 2021

Luncurkan Mini Album, Intip Lirik Lagu E.M.O StereoWall

HIBURAN, Balinews.id – Band Stereowall telah merilis mini album yang diberi judul terjebak imajinasi sebagai penanda…

August 29, 2021