Balinews.id

Dalam Rangka Hari Kesehatan Mental, 5 Tanda Kamu Butuh Cuti untuk Istirahat dan Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya Kesehatan Mental.

BaliNews.id-Selama seminggu kita pasti banyak melakukan kegiatan baik itu tugas bebersih rumah, deadline pekerjaan kantor, dan masih banyak pekerjaan lainnya. Terkadang terlalu banyak pekerjaan membuat kita lupa untuk memperhatikan kesehatan.

 

Kesehatan manusia seutuhnya bukan hanya kesehatan fisik, nutrisi, dan olahraga, melainkan kesehatan emosional, dan mentalmu. Kita tahu bahwa dengan segala tuntutan pekerjaan kita mendapat tekanan secara mental dan menyebabkan stres. Tubuh  manusia secara fisik dan mental sangatlah berhubungan. 

 

Saat kita mengalami tekanan mental, tubuh kita seringkali memberikan tanda-tanda yang mengharuskan kita untuk istirahat. Berikut adalah beberapa tanda kita butuh istirahat demi menjaga mental kita. 

  • Sakit terus menerus 

Saat kita menderita sakit yang sama secara terus menerus, itu adalah tanda yang dikirim tubuh kita agar kita beristirahat. Meskipun kita tidak pernah tahu kapan kita akan sakit, ada baiknya untuk mencegah datangnya sumber penyakitnya, seperti menjaga kesehatan mental.

 

Saat kita stres dan kesehatan secara mental kita terganggu, daya tahan tubuh kita akan melemah dan meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit. Untuk menghindari efek domino ini, istirahat secara fisik atau mental dan bersiaplah untuk minggu-minggu yang sibuk. Tetap berpegang pada jadwal yang memungkinkan kita untuk  tidur dan mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan agar merasa lebih baik.

  • Terlalu stres akan masa lalu dan tidak bisa fokus ke masa depan

Saat kita melakukan kesalahan di masa lalu otomatis kita akan menyesalinya dan  memikirkan masalah itu terus menerus. Penting untuk mengintrospeksi diri dalam beberapa saat, tetapi jangan sampai masalah di masa lalu mempengaruhi masa depan kita. Karena memikirkan kejadian masa lalu hanya akan menumpuk beban yang tidak terselesaikan. Masa lalu adalah sesuatu yang tidak bisa diubah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengubah apa yang bisa diubah di masa depan. 

  • Tidak melakukan perawatan diri 

Perawatan diri memang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental. Ketika memiliki waktu luang, cobalah untuk melakukan perawatan diri. Meskipun banyak tanggung jawab pekerjaan, tetapi kesehatan jiwa dan fisikmu juga penting. Nikmati waktumu sendiri, dan manjakan dirimu.

  • Perubahan mood secara drastis 

Terkadang saat kita lelah, emosi kita tidak stabil dan sering berubah. Saat-saat seperti ini penting untuk kita mengambil waktu menenangkan diri. Ambilah waktu untuk memahami perasaan kita. Jika perasaan sedih dan tidak termotivasi  kita rasakan terus menerus, ada baiknya ambil waktu untuk istirahat. 

  • Tidak bisa tidur 

Saat selesai berkegiatan selama seharian, kita berharap dapat beristirahat di malam hari. Namun, ada saja pikiran yang mengganggu dan kecemasan, yang membuat kita tidak bisa beristirahat. Cobalah untuk menanggalkan pikiran yang mengganggu atau selesaikan masalah pekerjaan sebelum pergi ke tempat tidur. Jadwalkan waktu tidur dan bangun yang teratur agar tidak mengalami susah tidur.

(ab/an)

13 Dari 103 WN Taiwan yang Digrebek di Villa Ternyata Terlibat Narkoba – Penyerangan

BADUNG, Balinews.id – Sebanyak 103 warga negara Taiwan yang terlibat dalam kejahatan siber di Tabanan,…

October 8, 2021

Komit Majukan Pendidikan, Pemkab Buleleng Raih Penghargaan AMB 2024

BULELENG, Balinews.id – Pemerintah Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus membangun, terutama di bidang pendidikan, dengan berkolaborasi…

October 8, 2021

Pemkot Denpasar Berikan Bantuan 9 Rumah untuk Warga Kurang Mampu

DENPASAR, Balinews.id – Pemkot Denpasar menyerahkan sebanyak 9 unit bantuan rumah layak huni kepada keluarga…

October 8, 2021

Simak Jadwal PKB Hari Ini, Minggu 7 Juli 2024

BUDAYA, Balinews.id – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 telah resmi dibuka pada, Sabtu (15/6/24) dengan…

October 8, 2021

Luncurkan Mini Album, Intip Lirik Lagu E.M.O StereoWall

HIBURAN, Balinews.id – Band Stereowall telah merilis mini album yang diberi judul terjebak imajinasi sebagai penanda…

October 8, 2021