Fantastis! Pungutan Wisatawan ke Nusa Penida Tembus Miliaran, Target 2025 Capai Rp 40,7 M

Share:

Salah satu sudut destinasi Nusa Penida yang menjadi magnet wisatawan.
Salah satu sudut destinasi Nusa Penida yang menjadi magnet wisatawan.

KLUNGKUNG, BALINEWS.ID – Pulau Nusa Penida kian memantapkan posisinya sebagai magnet utama pariwisata di Kabupaten Klungkung. Setiap harinya, rata-rata 3.000 wisatawan menyambangi pulau eksotis tersebut, menjadikannya penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, mengungkapkan bahwa tren kunjungan wisatawan ke Klungkung terus menunjukkan peningkatan signifikan pasca pandemi. Pada tahun 2024, jumlah kunjungan wisatawan tercatat sekitar 1 juta orang. Melihat tren positif tersebut, Pemkab Klungkung menargetkan 1,5 juta wisatawan sepanjang tahun 2025.

BACA JUGA :  Merana, Petani Desa Kendran Gianyar Bingung Hadapi Serangan Tikus

“Target pendapatan dari sektor pariwisata pada tahun 2024 sebesar Rp 30,7 miliar, dan realisasinya justru melebihi target, yakni Rp 31,4 miliar. Untuk tahun 2025, kami menargetkan penerimaan mencapai Rp 40,7 miliar,” jelas Sulistiawati.

Namun di balik capaian fantastis tersebut, Pemerintah Kabupaten Klungkung menghadapi tantangan serius di lapangan, khususnya terkait sistem pemungutan retribusi masuk kawasan wisata Nusa Penida yang kerap menimbulkan antrean panjang di pelabuhan.

Untuk mengatasi hal itu, berbagai upaya telah dilakukan, seperti penambahan petugas pungut, kerja sama dengan operator boat, hingga penyediaan sistem pembayaran retribusi secara online. Namun, implementasi di lapangan masih belum berjalan optimal.

BACA JUGA :  Tajen Enjung Les Kintamani Disebut Ilegal, Penyelidikan Keributan Jalan Terus

“Sejauh ini, jumlah wisatawan yang memanfaatkan pembayaran online masih sangat minim, hanya sekitar 100 orang per hari,” jelasnya. Sementara itu, kerja sama dengan operator boat masih terkendala karena dianggap menambah beban kerja kru kapal.

Meski begitu, pihaknya tetap berkomitmen mencari solusi jangka panjang. Salah satunya dengan mendorong integrasi sistem digital dan edukasi kepada wisatawan maupun pelaku jasa transportasi laut agar lebih aktif menggunakan kanal pembayaran non-tunai.

“Tujuan akhirnya adalah kenyamanan dan efisiensi pelayanan bagi wisatawan, sekaligus optimalisasi pendapatan daerah yang transparan dan akuntabel,” tutup Sulistiawati.

BACA JUGA :  Dirombak! Wakapolres, Kasat dan Kapolsek Blahbatuh Diganti, Ini Pesan Kapolres Gianyar

Tag

Catatan: Jika Anda memiliki informasi tambahan, klarifikasi, atau menemukan kesalahan dalam artikel ini, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email atau melalui kontak di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

GIANYAR, BALINEWS.ID – Dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Pemerintahan Desa Dinas dan Desa Adat Batubulan...

KARANGASEM, BALINEWS.ID – Suasana panik sempat mewarnai Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem, Rabu malam (6/8/2025), ketika KMP Gading Nusantara...

BULELENG, BALINEWS.ID – Setelah melalui proses penangkaran dan perawatan intensif di kebun binatan Gianyar, sebanyak 12 ekor Rusa...

GIANYAR, BALINEWS.ID – Sebuah musibah kecelakaan kerja terjadi di area proyek pembangunan yang berlokasi di Banjar Serongga Kelod,...

Breaking News

Berita Terbaru
MDA
SMA
AS
LSD
GWK
BBM
P3K
BSU
DLH
OTA
CSR
BK
HIV
ABK
Teh
LPG
SIM
PNS
NTT
STT
PBB
PON
Bir
PMI
DIY
SBY
BCL
Art
SMP
PAW
IKN
PHK
NIK
USG
Pil
ATM
atv
DPR
AHY
kos
PSN
IU
PKB
ASN
KPK
BNN
PAD
TKP
KAI
SEO
BSN
Tas
lpd
5km
Run
Sar
UKT
tni
bkk
PLN
api
KTP
KEK
MoU
Kue
WNA
PMK
BPS