DENPASAR, BALINEWS.ID – Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah Bali pada 9–10 September 2025 meninggalkan duka dan kehilangan mendalam bagi masyarakat. Sebagai wujud solidaritas kemanusiaan dalam mendukung pemulihan pascabencana, Grab Indonesia bersama BenihBaik.com menyalurkan ratusan paket sembako kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali.
Komunitas Mitra Pengemudi Grab juga turut berpartisipasi aktif dalam pembagian sembako yang disalurkan langsung kepada warga terdampak di Posko Cokroaminoto, Dauh Puri Kaja, Denpasar. Bantuan ini tidak hanya berasal dari Grab, tetapi juga merupakan hasil solidaritas pengguna Grab yang berdonasi melalui BenihBaik.com.
Puluhan Mitra Pengemudi Grab mendampingi penyaluran bantuan hingga diterima langsung oleh warga yang mengungsi di posko tersebut. Adapun Posko Cokroaminoto di bawah naungan BPBD Provinsi Bali difungsikan sebagai lokasi pengungsian sementara, dapur umum, pendataan, hingga pencatatan evakuasi korban bencana.
Salah seorang Mitra Pengemudi Grab, Pande Ngurah Febri Angsana, mengungkapkan rasa harunya bisa ikut membantu.
“Kondisi banjir besar yang melanda Bali kali ini sangat berat untuk semua orang. Saya senang bisa turun langsung untuk bagi-bagi sembako. Saya pengen bisa kasih semangat buat sesama warga terdampak kalau kita engga sendirian. Kita saling bantu, saling jaga, dan saling menguatkan supaya lekas pulih. Bali harus bangkit lagi, karena ini rumah kita bersama,”ujarnya.
Sementara itu, Richard Aditya, Director of Outer Jabodetabek Grab Indonesia, menegaskan pihaknya merasakan duka mendalam atas bencana yang menimpa Bali.

“Kami turut merasakan kesedihan dan keprihatinan mendalam atas bencana banjir yang melanda Bali. Tidak ada hal yang bisa menggantikan atau mengimbangi pilu ini. Namun, solidaritas dan persaudaraan yang kuat mampu membawa masyarakat Bali perlahan pulih. Melalui bantuan sembako bagi warga terdampak, serta kanal darurat GERCEP (Grab Respon Cepat) khusus bagi Mitra Grab yang terdampak, kami berharap upaya ini bisa sedikit membantu keluarga dan komunitas melewati situasi sulit selama proses pemulihan pasca bencana ini. Kami percaya semangat gotong royong ini sejalan dengan misi Grab untuk selalu hadir dan bermanfaat bagi masyarakat di mana kami beroperasi,” jelasnya.
Selain bantuan untuk masyarakat umum, Grab Indonesia juga memberikan dukungan khusus bagi Mitra Grab yang terkena dampak banjir melalui kanal darurat GERCEP. Layanan ini mencakup bantuan perawatan medis, konseling psikologis, kemudahan operasional sementara, hingga santunan meninggal dunia bagi mitra atau anggota keluarga dalam satu kartu keluarga. Semua laporan yang masuk akan diverifikasi sebelum disalurkan agar tepat sasaran.
Kanal darurat GERCEP (Grab Respon Cepat): Bantuan Tanggap Darurat – Banjir Bali telah efektif digunakan sejak 13 September 2025 dan berlaku selama periode tanggap darurat bencana banjir di Bali. Layanan ini dapat diakses melalui tiga cara berikut:
- Hotline Darurat di 021-2350-7032.
- Help Centre dengan mengisi formulir online di grb.to/gercepbali (untuk Mitra Pengemudi) dan grb.to/gercepbalimerchant (untuk Mitra Merchant).
- Live Chat di aplikasi GrabDriver atau GrabMerchant dengan antrean prioritas.
(*)