JAKARTA, BALINEWS.ID – Semangat menyambut Hari Raya Idulfitri 1446 H/2025 sudah terasa di seluruh penjuru Indonesia. Hal ini tercermin dari lonjakan pemesanan tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran yang dibuka oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI). Hanya dalam beberapa hari, lebih dari 1,1 juta tiket telah terjual, menandakan antusiasme masyarakat yang luar biasa untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga.
KAI telah membuka pemesanan tiket KA tambahan sejak Minggu, 23 Februari 2025, pukul 00.00 WIB. Sebanyak 1.080 perjalanan KA tambahan disiapkan untuk mengakomodasi tingginya permintaan masyarakat. Dengan periode angkutan Lebaran yang ditetapkan selama 22 hari, mulai dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI total akan mengoperasikan 9.572 perjalanan KA, yang terdiri dari KA reguler dan KA tambahan.
“Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan tiket mudik. Ini terlihat dari angka penjualan yang sudah mencapai 1.122.559 tiket. Tanggal keberangkatan KA yang paling banyak dipesan adalah 29 Maret 2025 (H-2 Lebaran), dengan 85.973 tiket terjual.” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, Minggu (23/02/2025) dalam keterangan tertulis.
Lonjakan penjualan tiket ini menunjukkan betapa pentingnya momen Lebaran bagi masyarakat Indonesia. Mudik bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan orang-orang terkasih.
Untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, KAI juga menyediakan KA tambahan dengan layanan premium, seperti KA Java Priority dengan rute Gambir-Yogyakarta PP. Masyarakat bisa memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id maupun mitra penjualan resmi lainnya.
“KAI memahami bahwa Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga,” kata Anne Purba. “Oleh karena itu, KAI menambah kapasitas tempat duduk untuk memberikan lebih banyak pilihan perjalanan dan mengakomodasi tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik ataupun berlibur pada saat Lebaran,” imbuhnya.
Dengan peningkatan jumlah perjalanan KA dan kapasitas tempat duduk, KAI berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman. KAI berkomitmen untuk memastikan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh penumpang.
Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal, tarif, dan pemesanan tiket KA tambahan, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan KAI 121 melalui Contact Center (CC) 121 di nomor telepon 121/(021) 121, nomor WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI.(WIJ)