Parah! Ratusan Siswa SMP di Buleleng Tak Bisa Membaca

Share:

Ilustrasi (sumber foto: Pexels)

BULELENG, Balinews.id – Mengejutkan! Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng mengungkap fakta mencengangkan terkait kemampuan literasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah tersebut.

Diungkapkan sebanyak 155 siswa teridentifikasi tidak bisa membaca sama sekali, sementara 208 siswa lainnya dinyatakan tidak lancar membaca. Dengan demikian, total terdapat 363 siswa SMP di Buleleng yang menghadapi kendala dalam kemampuan membaca.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Menurutnya, metode pembelajaran dalam jaringan (daring) selama pandemi COVID-19 menjadi salah satu pemicu utama. Selain itu, faktor lain seperti disleksia, disabilitas, rendahnya motivasi belajar siswa, serta kurangnya dukungan maksimal dari orang tua juga turut berkontribusi.

BACA JUGA :  KAI Sediakan Lebih dari 2,75 Juta Kursi Kelas Ekonomi untuk Lebaran 2025

“Penyebabnya lebih banyak karena semangat motivasi belajar anak yang rendah, termasuk dukungan orang tua sehingga tidak mendapat pendampingan maksimal. Kalau dari disleksia atau difabel ada, tapi persentasenya kecil,” jelas Plt. Kadis Ariadi.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Buleleng, Gede Supriatna, meminta agar Disdikpora dapat memberikan pendampingan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca, serta mengeluarkan instruksi terkait pembatasan penggunaan smartphone di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, I Made Sedana, turut memberikan pandangannya terkait persoalan ini. Ia menilai bahwa tingginya angka siswa yang belum bisa dan tidak lancar membaca merupakan indikasi rendahnya literasi di kalangan anak-anak.

BACA JUGA :  Prabowo Diisukan akan Resuffle Kabinet Sore Ini

Menurut data yang didapatkan, selain faktor motivasi belajar para siswa yang rendah, saat ini anak-anak atau para siswa saat ini lebih senang bermain game yang justru tidak mengedukasi.

Faktor anak-anak yang suka main handphone dan kecanduan media sosial dan itu sangat berpengaruh kepada tingkat pembelajaran siswa dan bahkan ada siswa yang tidak bisa menulis di buku pelajaran.

Made Sedana menyarankan agar Disdikpora melakukan mapping awal untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik setiap siswa, termasuk kemungkinan adanya siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya mencermati pola mengajar guru, apakah beban administrasi yang tinggi justru membuat guru kurang optimal dalam memberikan pengajaran yang efektif. (*)

BACA JUGA :  Jembrana Kirim 24 Warga Raih Peluang Emas di Jepang

Catatan: Jika Anda memiliki informasi tambahan, klarifikasi, atau menemukan kesalahan dalam artikel ini, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email atau melalui kontak di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

BALINEWS.ID – Nasi adalah makanan pokok yang hampir selalu ada di meja makan orang Indonesia. Namun, menyimpan nasi...

BALINEWS.ID – Kecoa dikenal sebagai salah satu hewan yang paling sulit dibasmi di rumah. Mereka bisa bersembunyi di...

BALINEWS.ID – In commemoration of Earth Day, PT. Hatten Bali Tbk reaffirms its steadfast dedication to environmental sustainability...

GIANYAR, BALINEWS.ID – Gubernur Bali, Wayan Koster, menegaskan bahwa pembangunan di Kabupaten Gianyar merupakan bagian integral dari visi...

Breaking News

Berita Terbaru
NIK
USG
Pil
ATM
atv
DPR
AHY
kos
PSN
IU
PKB
ASN
KPK
BNN
PAD
TKP
KAI
SEO
BSN
Tas
lpd
5km
Run
Sar
UKT
tni
bkk
PLN
api
KTP
KEK
MoU
Kue
WNA
PMK
BPS